Tips Mengambil Keputusan Bisnis Ala Anthony Robbins yang dapat anda ikuti

Sebagai evaluasi, izinkan saya memberi Anda enam kunci untuk membantu Anda mengerahkan kuasa keputusan, kuasa yang membentuk pengalaman hidup Anda setiap momennya.

Ingatlah kuasa sejati dari mengambil keputusan

Ingatlah kuasa sejati dari mengambil keputusan. Inilah alat yang dapat Anda gunakan setiap momennya untuk mengubah seluruh kehidupan Anda. Begitu Anda mengambil keputusan baru, Anda gerakkan sebab, akibat, arah, dan tujuan baru bagi kehidupan Anda. Anda secara harfiah benar-­benar meng­ubah kehidupan Anda begitu Anda mengambil keputusan baru. Ingatlah bahwa ketika Anda mulai merasa kewalahan, atau ketika Anda merasa tidak punya pilihan, atau ketika segalanya terjadi “kepada” Anda, Anda bisa meng­ubah semuanya itu kalau saja Anda berhenti dan memutuskan untuk meng­ubahnya. Ingatlah, keputusan sejati diukur dari fakta bahwa Anda telah meng­ambil tindakan baru. Kalau tidak ada tindakan, Anda belum benar-­benar memutuskan.

Sadari langkah terberat

Sadarilah bahwa langkah terberat dalam mencapai apa pun adalah membuat komitmen sejati—keputusan sejati. Melaksanakan komitmen Anda sering kali jauh lebih mudah daripada keputusan itu sendiri, maka ambillah keputusan­-keputusan Anda dengan cerdas, tetapi jangan lama­lama. Jangan terpuruk dengan pertanyaan mengenai bagaimana atau apakah Anda sanggup melaksanakannya. Studi­-studi telah menunjukkan bahwa orang yang paling sukses itu mengambil keputusan mereka dengan cepat karena mereka merasa jelas dengan nilai­-nilai mereka dan apa yang benar-­benar mereka ingin­ kan bagi kehidupan mereka. Studi yang sama menunjukkan bahwa mereka tidak cepat mengubah keputusan, kalau mereka mengubahnya. Sebaliknya, orang yang gagal biasanya lamban mengambil keputusan dan cepat mengubah pikiran, selalu plinplan. Intinya putuskanlah!

Sadarilah bahwa pengambilan keputusan itu sendiri merupakan tindakan. Oleh karena itu, definisi yang baik untuk suatu keputusan adalah “informasi yang ditindaklanjuti”. Anda tahu Anda telah benar-­benar mengambil keputusan ketika itu disusul dengan tindakan. Itu menjadi penyebab. Sering kali, efek pengambilan keputusan itu membantu menciptakan tercapainya sasaran yang lebih besar lagi. Aturan penting yang saya berlakukan bagi diri sendiri adalah tidak pernah meninggalkan suatu keputusan tanpa terlebih dahulu mengambil tindakan spesifik. menuju realisasinya.

Seringlah Mengambil Keputusan

Sering-seringlah mengambil keputusan. Semakin banyak keputusan yang Anda ambil, semakin baiklah Anda mengambilnya. Otot itu menjadi kuat ketika digunakan, demikian juga otot pengambilan keputusan Anda. Kerahkanlah kuasa Anda sekarang juga dengan mengambil keputusan yang selama ini Anda tunda-­tunda. Anda takkan menyangka energi dan kegembiraan yang akan tercipta dalam kehidupan Anda!

Belajarlah dari keputusan anda

Belajarlah dari keputusan-­keputusan Anda. Tidak mungkin hal ini dielakkan. Terkadang, Anda pasti gagal, apa pun yang Anda lakukan. Ketika yang tak terelakkan ini terjadi, daripada menghukum diri sendiri, belajarlah sesuatu. Tanyakanlah kepada diri sendiri, “Apakah kebaikan dari semua ini? Apakah yang bisa kupelajari dari sini?” “Kegagalan” ini mungkin saja merupa­kan karunia tersamar yang tak disangka­-sangka, kalau Anda menggunakannya untuk mengambil keputusan-­keputusan yang lebih baik di masa depan. Dari­ pada mengarahkan fokus pada kemunduran jangka pendek, pilihlah untuk memetik pelajaran yang dapat menghemat waktu Anda, uang Anda, atau melindungi Anda dari kepedihan, dan pelajaran yang dapat memberi Anda kemampuan untuk sukses di masa depan,

Tetap berkomitmen terhadap keputusan

Tetaplah berkomitmen terhadap keputusan-keputusan Anda, tetapi tetaplah fleksibel dalam pendekatan Anda. Setelah Anda putuskan Anda ingin menjadi siapa, misalnya, janganlah berhenti pada sarana untuk mencapainya. Tujuan akhirnyalah yang Anda kejar. Terlalu sering, dalam memutuskan apa yang mereka inginkan bagi kehidupan mereka, orang­orang memi­lih cara terbaik yang mereka ketahui saat itu—mereka membuat sebuah peta tetapi kemudian tidak tetap terbuka terhadap rute­rute alternatif. Janganlah kaku dalam pendekatan Anda. Kembangkanlah seni fleksibilitas

Nikmatilah saat mengambil keputusan

Nikmatilah mengambil keputusan. Harus Anda ketahui bahwa setiap momennya, keputusan yang Anda ambil itu dapat mengubah jalan kehidupan Anda selamanya: di belakang siapa Anda antre atau di sebelah siapa Anda duduk di pesawat, telepon yang Anda sambung atau Anda terima, film yang Anda tonton atau buku yang Anda baca atau halaman yang Anda buka bisa jadi membuat gerbang banjirnya terbuka, dan segala hal yang selama ini Anda nanti­-nantikan terjadi.

Kalau Anda sungguh-­sungguh menginginkan kehidupan Anda bergairah, Anda perlu hidup dengan sikap berpengharapan. Beberapa tahun yang lalu, saya mengambil keputusan yang tampaknya kecil ketika itu, dan itu secara penuh kuasa mempengaruhi kehidupan saya. Saya memutuskan untuk meng­adakan seminar di Denver, Colorado. Keputusan itu membuat saya berjumpa dengan seorang wanita bernama Becky. Nama belakangnya sekarang Robbins, dan ia jelas-­jelas adalah salah seorang karunia terbesar dalam kehidupan saya. Pada perjalanan yang sama, saya memutuskan untuk menulis buku pertama saya, yang sekarang sudah diterbitkan dalam sebelas bahasa di seluruh dunia. Beberapa hari kemudian, saya putuskan untuk mengadakan seminar di Texas, dan setelah bekerja satu minggu untuk mengisi program saya sendiri, sang promotor tidak membayar upah saya—ia ke luar kota. Jelas, saya harus ber­bicara dengan agen humas yang disewanya, seorang wanita yang mengalami nasib serupa. Wanita itulah yang menjadi agen literatur saya dan membantu memastikan buku pertama saya itu diterbitkan. Akibatnya, saya mendapatkan kehormatan untuk menceritakannya kepada Anda sekarang

Sekali waktu, saya juga memutuskan untuk menerima seorang mitra bisnis. Memilih tidak menyelidiki karakternya lebih dahulu merupakan keputusan buruk saya. Dalam waktu satu tahun, ia telah menggelapkan seperempat juta dolar dan membuat perusahaan saya berutang $758,000 sementara saya hidup berpindah­-pindah mengadakan lebih dari 200 seminar. Tetapi untungnya saya belajar dari keputusan buruk saya tersebut dan mengambil keputusan yang lebih baik. Terlepas dari nasihat semua pakar di sekeliling saya bahwa satu­ satunya cara saya bisa selamat adalah menyatakan diri bangkrut, saya memutuskan untuk menemukan jalan yang mengubah segalanya, dan saya ciptakan salah satu sukses yang lebih besar dalam kehidupan saya. Saya bawa perusahaan saya ke tingkatan yang sama sekali baru, dan apa yang saya pelajari dari pengalaman tersebut bukan saja menciptakan sukses bisnis jangka panjang, melainkan juga memberikan banyak pembedaan untuk Pengkondisian Neuro Asosiatif™ dan Teknologi Takdir™ yang akan Anda pelajari dalam buku ini