Pilih Laman
virus corona baru via kompas

Pemerintah China menolak adanya penyelidikan internasional untuk mengungkap asal usul virus corona yang tengan menjangkiti dunia. Diplomat Beijing di Inggris, Chen Wen, mengatakan permintaan itu menurutnya bernuansa politis, dan tidak akan mengalihkan upaya mereka memerangi wabah. Informasi mengenai virus corona dan bagaimana penyebarannya jelas akan membantu dunia dalam menemukan solusi untuk mencegah penyebarannya.

Berkembang sejak akhir Desember 2019, virus yang membawa penyakit Covid-19 itu diyakini berasal dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan. Namun, sejumlah negara Barat seperti Amerika Serikat (AS) menuding China sengaja menyebarkan informasi tidak benar mengenai pandemi itu. Blok Layanan Aksi Eksternal menyatakan, Beijing dan juga Rusia sengaja menargetkan “narasi konspirasi” terhadap negara Uni Eropa dan tetangganya. Presiden AS Donald Trump berulang kali melancarkan serangan, mulai dari mempertanyakan data yang diumumkan hingga memperingatkan “konsekuensi serius”. Sementara Negara Bagian Missouri di AS melayangkan gugatan kepada Negeri “Panda” karena dianggap bertindak lamban dalam menangkal wabah. Adapun para ilmuwan menepis teori konspirasi yang berkembang bahwa patogen tersebut merupakan hasil pengembangan laboratorium di Wuhan.

Sejak wabah terjadi, sejumlah negara sudah menyerukan agar diadakan penyelidikan internasional agar masuk ke China, dan meneliti bagaimana virus berkembang.

Pada Kamis (23//4/2020), Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyatakan bakal membawa isu ini ke pertemuan tahunan Dewan Kesehatan Dunia. Dilansir BBC Jumat (24/4/2020), pertemuan induk Badan Kesehatan Dunia (WHO) itu bakal diadakan Mei, dengan Australia merupakan salah satu anggota eksekutif. Organisasi itu sendiri sebelumnya sudah mulai mengembuskan diskusi mengenai peninjauan “apa yang sudah dipelajari” dari masa darurat ini. Tetapi Chen sudah menekankan bahwa negaranya tidak akan setuju dengan investigasi itu. “Semuanya bermotif politik,” tegas dia. Dia menuturkan bahwa upaya dunia menyelidiki mereka hanya akan membagi fokus dan sumber daya di tengah penyebaran virus corona. “Jelas-jelas ini bermuatan politik. Saya pikir tidak akan ada yang setuju dengan ini. Tidak akan memberikan hasil baik,” kilahnya. Dia menjelaskan, yang paling berbahaya adalah begitu banyaknya disinformasi mengenai asal usul virus Covid-19, dan sama berbahayanya dengan pandemi itu sendiri.

sumber : https://www.kompas.com/global/read/2020/04/25/135409070/china-tolak-penyelidikan-internasional-untuk-ungkap-asal-usul-virus